Senin, 04 Juli 2011

Mengembangkan E-zine



E-zine. Definisi (1)
- e-Zine [I-zeen] -- Kependekan dari kata electronic magazine adalah majalah inggriya elektronik yang disebarkan melalui jaringan internet.
- Umumnya bersifat nonkomersial.
- Biasanya menyasar kelompok khalayak yang terbatas, yakni khalayak yang berkepentingan atau peduli pada bidang, masalah, atau isu yang diangkat e-Zine tersebut.

E-zine. Definisi (1)
- e-Zine juga diartikan sebagai versi online dari sebuah majalah.
- Seperti majalah cetak, e-Zine juga menampilkan sejumlah informasi, artikel, opini, ulasan, dsb.

Format
- e-Zine bisa berbasis web maupun e-mail. Namun yang paling populer adalah berbasis email.
- Untuk berlangganan kita harus mendaftarkan diri, bisa dikenakan biaya atau free.
- Biasanya e-Zine tidak memuat artikel dalam bentuk lengkap, melainkan hanya 2-3 alinea saja. Jika khalayak tertarik, ia akan mengklik baian tertentu sehingga bisa mendapatkan artikel selengkapnya.

Periode terbit

- E-zine atau Webzine biasanya terbit berkala (mingguan, dwibulanan, dsb) secara teratur dan memilki rubrikasi yang tetap pula sebagaimana pada majalah umumnya.
- Berbeda dengan blog, webzines ditata layaknya sebuah majalah dengan tampilan website.

Web Base e-Zine
- Ada majalah online yang bisa diakses cuma-cuma, ada pula yang harus membayar.

- Untuk bisa mengakses e-Zine berbasis web, pembaca harus proaktif mengakses ke situs tersebut sehinga bisa membaca info-info terbaru yg disajikan di e-Zine tersebut dari halaman ke halaman.
- Format E-Zine isinya adalah berita aktual, feature, artikel opini, iklan, advertorial dan artikel sponsor, berita bergambar, dsb
- Bagian yang dibuat gratis biasanya lebih terbatas dan bersifat umum. Untuk memperoleh versi yang lebih lengkap, atau masuk ke fitur-fitur tertentu. metter diharuskan memiliki password yang diperoleh jika ia menjadi anggota.
- Beberapa e-Zine seperti tempo ineraktif dan swaonline, memuat artikel atau informasi tertentu yang hanya disajikan dalam versi online dan tidak masuk ke dalam versi cetakan.
- majalah online juga memiliki bidang yg beragam. Mulai dari bisnis, solusi, teknik, pemasaran, profesi, olahraga, musik, film, maupun hiburan dan gosip.

Mengapa e-Zine
- Biasanya bermotif komersial murni, lebih kepada menyebarkan visi, misi, gagasan, dan opini untuk mempengaruhi khalayak.
- Biasanya memiliki niche market yang sempit sehingga mahal jika dicetak dan didistribusikan secara tradisional.
- Biaya produksi rendah, tidak perlu dicetak dan distribusi.
- Tidak memerlukan ketrampilan istimewa.
- Jangkauan khalayak menjadi relatif tdk terbatas.
- Lebih timelesskarena archievenya tersimpan di server situs tetap bisa diakses khalayak seriap saat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More